MENGAKALI SEMENTARA PINTU MOBIL TIDAK BISA DIBUKA DENGAN REMOTE

   Seiring dengan perkembangan teknologi, membuka dan mengunci pintu mobil kini dapat dilakukan dengan remote. Kemudahan tersebut dapat membantu mempercepat aktivitas berkendara karena hanya dibutuhkan satu kali klik dan pintu mobil dapat terbuka atau terkunci. Namun, apa yang terjadi jika pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote?
Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan bagaimana solusi sementara yang dapat AutoFamily lakukan untuk permasalahan tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di sini.
3 Alasan Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Dengan Remote
Permasalahan pada remote mobil bisa terjadi secara mendadak. Anda tidak perlu panik, segera cari tahu penyebab tidak berfungsinya remote untuk membuka pintu serta solusinya.
Terdapat 3 alasan pintu mobil tidak dapat dibuka dengan menggunakan remote. 3 alasan tersebut antara lain:
1. Baterai Habis
     Sebagian besar remote mobil menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Apabila pintu mobil tidak dapat dibuka menggunakan remote, cek pada ketersediaan daya pada baterai.
Tanda bahwa baterai remote mobil telah habis adalah lampu indikator tidak akan menyala saat Anda menekan tombol buka atau kunci. Sehingga pintu tidak dapat terbuka karena remote tidak berfungsi.
2. Kerusakan Pada Receiver Remote
     Apabila remote tidak berfungsi meskipun baterai terisi penuh, kemungkinan terjadi kerusakan pada receiver remote karena suatu hal. Receiver remote berfungsi sebagai penerima gelombang yang dikirimkan remote kepada sistem mobil. Cara kerja sistem ini adalah remote akan mengirimkan sinyal untuk membuka atau mengunci pintu. Disaat yang bersamaan, receiver remote akan menerima sinyal tersebut sebagai perintah yang membolehkan pintu mobil terkunci atau tidak. Dengan begitu, ketika receiver remote rusak maka mobil tidak dapat melakukan perintah membuka pintu karena sinyal tidak terkirim.
3. Gangguan Sistem Remote
Remote yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh benturan dan tekanan yang terjadi lebih dari satu kali. Sebagian pengguna mobil menganggap jatuhnya remote adalah hal yang biasa. Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan pada sistem remote sehingga remote tidak dapat mengirimkan sinyal ke sistem mobil secara maksimal.
Selain itu, remote tidak berfungsi untuk membuka pintu mobil karena adanya gangguan pada frekuensi. Biasanya mobil sedang berada pada lokasi yang memiliki gelombang elektromagnetik yang tinggi sehingga remote tidak dapat mengirimkan sinyal pada receiver remote untuk membuka atau mengunci pintu. Hal ini biasa terjadi saat mobil berada di sekitar menara radio dan TV.
2 Solusi Sementara yang Bisa Dicoba Di Situasi Darurat
Setelah Anda mengetahui alasan pintu tidak dapat dibuka dengan remote, lakukan beberapa solusi sementara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Solusi ini hanya disarankan untuk dilakukan saat keadaan darurat.
Apabila terjadi kerusakan pada remote atau sistem mobil, sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut ke bengkel resmi Auto2000. Berikut merupakan solusi sementara yang dapat dilakukan:
1. Menyesuaikan Jarak
     Sinyal pada remote tidak dapat terkirim apabila terdapat hal yang mengganggu frekuensi pada daerah sekitar remote. Untuk itu, Anda dapat membuka mobil dengan remote dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari area pintu mobil sehingga sinyal dapat terkirim dengan baik.
Pastikan untuk memencet tombol remote ketika tidak ada kendaraan atau mobil lain yang menghalangi pintu mobil. Anda juga dapat menyesuaikan jarak mobil dengan bangunan yang memiliki gelombang elektromagnetik yang tinggi.
2. Membuka Mobil Secara Manual
     Langkah darurat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tidak berfungsinya remote untuk membuka dan mengunci pintu adalah membuka mobil dengan cara manual.
Anda dapat membuka kunci pada pintu mobil secara manual dengan menggunakan kunci mobil yang bisa diakses dari dalam remote. Biasanya ada mekanisme sederhana untuk menemukan kunci ini. Anda bisa memasukkannya pada lubang kunci, kemudian putar kunci searah dengan jarum jam.
Setelah mendengar bunyi central lock yang terbuka, maka pintu mobil Anda telah terbuka dan dapat mulai menggunakan mobil seperti biasa.
Hubungilah Bengkel Auto2000 Terdekat
Beberapa permasalahan remote mobil Toyota tidak disarankan untuk diselesaikan sendiri karena dapat merusak sistem lain pada remote, terutama saat masalah berada pada receiver remote. Untuk mengatasi permasalahan pintu mobil yang tidak bisa dibuka dengan remote, hubungi bengkel Auto2000 untuk melakukan konsultasi dan reservasi layanan.
     Memanfaatkan layanan service pada bengkel Auto2000 dapat membantu menyelesaikan segala permasalahan mobil karena menggunakan komponen terbaik dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan oleh ahlinya. Membongkar dan membenahi sistem remote tanpa bantuan tenaga profesional dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lain.
     Itulah tadi merupakan solusi sementara untuk permasalahan pintu mobil tidak bisa dibuka dengan remote. AutoFamily disarankan untuk melakukan service berkala pada seluruh tipe mobil Toyota.
Auto2000 hadir dengan teknisi profesional untuk memberikan perawatan terbaik pada mobil Anda dan tersedia di berbagai penjuru Indonesia. Tunggu apalagi? Lakukan reservasi online pelayanan bengkel sekarang juga di Auto2000 Digiroom. Ingat jangan pernah lupa untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Auto2000

You might be interested in …

Open chat